MUSUH TERBESAR MANUSIA


Sesaat setelah perang Badar Rasulullah SAW bersabda dengan sabdanya yang sangat masyhur itu, terutama dikala sebelum bulan Ramadhan. Pasti banyak yang menghadirkan hadist ini ke tengah - tengah kita yang kurang lebih bunyinya :


" Kita baru kembali dari satu peperangan yang kecil untuk memasuki peperangan yang lebih besar...’, yang membuat para Sahabat terkejut dan bertanya, "Peperangan apakah itu wahai Rasulullah ? " Baginda Rasulullah berkata, "Peperangan melawan hawa nafsu."
(Riwayat Al Baihaqi)

Mudah-mudahan hadist di atas bener redaksinya...wallahua'lam bishawab... Apa yang dikatakan Rasulullah SAW itu bukan omong kosong belaka, melainkan sebuah peringatan dahsyat yang ditujukan untuk seluruh manusia di dunia. Musuh terbesar kita bukan Amerika, bukan pula Israel, ataupun teroris - teroris yang berkedok agama. Musuh terbesar kita sepanjang masa adalah hawa nafsu kita sendiri (disamping syetan tentunya). Namun syetan juga menggoda kita lewat hawa nafsu kita juga khan?... Jadi memang yang terbesar adalah hawa nafsu kita sendiri.

Korupsi, pembunuhan, pemerkosaan, perampokan, perang, penipuan, penggelapan, penyelundupan, dan jenis-jenis kriminal lain disebabkan apa?....jawabannya adalah...pemenuhan kebutuhan perut dan pemenuhan kebutuhan kepuasan biologis yang keduanya terangkum ke dalam dua buah kata yaitu HAWA NAFSU.

Benar apa yang dikatakan pepatah,

"orang yang paling kuat adalah orang yang paling bisa mengendalikan hawa nafsunya"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

aqxa.com. Gambar tema oleh Airyelf. Diberdayakan oleh Blogger.